PENYEBAB MESIN MOTOR CEPAT PANAS DAN SOLUSINYA

Salam Bikers semuanya

Kali ini saya coba menulis tips cara mengatasi Mesin yang cepat panas ,berdasarkan pengalaman saat saya pakai kendaraan setiap hari dan saat saya melakukan service beberapa kendaraan tentunya .semoga artikel yang singkat kali ini bisa membantu buat para Bikers semua.

Penyebab mesin cepat panas dan solusinya :

* Telat ganti oli (usahakan ganti oli rutin setiap 1.500 -2.000 Km ,kalau hitungan bulan ,usahakan setiap 1 bulan sekali.

* Level oli terlalu penuh atau terlalu sedikit (sesuaikan takaran oli sesuai kebutuhan kapasitas mesin,ada yg 0,8 Ltr ada yang 1 Ltr (jangan kurang jangan lebih ,ingat ya ???
* Busi mungkin sudah waktunya ganti (Lakukan penggantian busi setiap 6.000 Km ,untuk menjaga kestabilan dan performa mesin dalam membakar campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar.



* Saringan oli kotor dan waktunya ganti (Lakukan penggantian setiap 9.000 Km) jika telat ganti ,ini akan menyebabkan terganggunya sirkulasi system pelumasan oleh oli didalam ruang mesin ,karena sejatinya ,jika sirkulasi oli tidak optimal akibat filter oli kotor,akan menyebabkan mesin cepat panas.sejatinya oli bukan hanya sebagai pelumas ,tapi Oli juga sebagai pendingin mesin.

* Saringan udara kotor dan saatnya ganti (Lakukan penggantian setiap 9.000 Km )jika telat ganti ,hal ini akan menyebabkan panas pada ruangan dalam mesin ,karena suplai udara terhambat oleh kotoran yang menyumbat di permukaan saringan udara.jika masih bisa dibersihkan,coba bersihkan . Namun jika kondisinya sudah coklat pekat bahkan hitam pekat segeralah ganti.

* Settingan kerenggangan klep kurang pas (terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa bikin mesin cepat panas,Coba ,lihat spek kerenggangan  tiap Sepeda motor  karena beda-beda) Jadi kita harus tahu betul,berapa range standar ukuran klep tersebut (Lakukanlah pengukuran menggunakan Puller)

* Settingan karburator kurang pas (Lakukan pembersihan karburator secara rutin setiap 3 bulan sekali atau setiap 6.000 Km ,tergantung kondisi yang di perlukan,kemudian setting setelan angin sesuai kebutuhan putaran mesin  dan kondisi suhu udara dg tepat. Untuk type Motor injeksi mungkin harus menggunakan suatu Modul atau software yaa...seperti di motor Yamaha pakai FI Diagnostic Tool.

* Air radiator waktunya ganti (Lakukan penggantian setiap 9.000/10.000 Km untuk menjaga kondisi agar selalu terjaga suhu panas mesinnya.Lakukan pengisian air radiator sesuai takaran yang pas dengan motor anda.

* Terlalu penuh isi radiator (diatas Level UPPER, lihat di box ada tandanya ) Jika kita mengisi air radiator terlalu penuh ,ini akan menyebabkan mesin cepat panas,hati-hati yaaa ,???karena ruang untuk sirkulasi udara tidak terkondisikan.

*Terlalu sedikit isi air radiator (Level dibawah LOWER ,lihat tanda di box cadangan radiator ) ,jika air radiator terlalu sedikit pun ,ini akan menyebabkan  mesin cepat panas juga ,karena sirkulasi air radiator kurang secara merata menyebar ke setiap part yang mengalami  panas pada radiator yang harus di lalui.

* Banyak tumpukan kotoran yang nempel di crankcase mesin apalagi saat musim hujan sering terjadi genangan lumpur yang menempel pada body mesin (hal ini dapat menyebabkan sirkulasi udara kurang optimal dalam mendinginkan bodi mesin) segera cuci kendaraan anda (cuci steam).

* Pada bagian Fan ( kipas ) pendingin untuk sepeda motor 
type matic dan bebek sport F1ZR ,lakukan perawatan untuk selalu terjaga kebersihannya dari debu-debu yang menempel,buka tutup pelindung kipasnya dan bersihkan selalu minimal 2 bulan sekali .Alangkah baiknya pada saat penggantian rutin oli mesin ,bisa sekalian disemprot dengan udara bertekanan dari kompressor angin,agar selalu terjaga kebersihannya.

Semoga artikel yang singkat ini bisa memberikan pencerahan dan bisa bermanfaat.

jika ada yang mau menambahkan silahkan tuliskan dikomentar,masukan yang positif sangat saya harapkan dari anda semua ,guna memperbaiki kualitas blog saya ini.
 Salam dari saya

Ade Sahbudin

Kang Zihan TV
    (Youtube )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENYEBAB MESIN MOTOR CEPAT PANAS DAN SOLUSINYA"

Posting Komentar