CARA CHEK SYSTEM PENGISIAN KIPROK KE AKI SEPEDA MOTOR

Cara Chek Pengisian dari Kiprok ke Aki


Pada system kelistrika sepeda motor,supaya siklus pengisian stabil dan optimal ,maka komponen-komponen yang berkaitan dengan system pengisian harus dalam kondisi normal dan baik.

Nah..pada artikel kali ini saya akan membahas tentang "CARA CHEK SYSTEM PENGISIAN DARI KIPROK KE AKI".

Pada rangkaian system kelistrikan utama nya pada system pengisian ,sparepart yang terkait dalam rangkaian tersebut antara lain :

* Stator assy ( Spool )
* Kiprok ( Rectifier )
* Accu ( Aki )
* Sekring
* Rumah sekring
* Kabel body
* Kabel plus (Merah)
* Kabel minus ( hitam/ Yamaha , hijau/ Honda ).




Oke dari daftar part diatas semua itu adalah rangkaian system Pengisian.

Untuk mengetahui seberapa bagus kah system pengisian pada sepeda motor kita ,mari kita chek satu -persatu.

1.Pertama kita chek tahanan stator assy /Spool gunakan AVO meter pointer pada arah OHM (Standar tahanan pada kondisi mesin dingin antara suhu 20 derajat cc kisaran  0,6 - 0,8 ohm ,jika suhu mesin panas tahanan kisaran 0,8 -1,2 Ohm.

2.Chek kabel body dan soket-soket  penghubung antara Spool ke arah kiprok ,pastikan semua kabel terhubung secara sempurna dan baik-baik saja ,jika ada yang kondisinya berkarat,gosong ,korosi dsb ,lakukan perbaikan secara seksama,karena jika kondisi  kabel dan soket bermasalah ,maka system pengisian akan tidak optimal dan akan bermasalah.

3. Jika step kedua diatas sudah di chek secara menyeluruh ,kemudian chek pada bagian kiprok terutama pada pin dudukan soket nya ,biasanya banyak terjadi korosi dan kabel yang hosong ,semprot gunakan WD40 atau penetrate anti karat,pastikan semua bersih dari noda dan karat.

4.Chek Sikring dan rumah sikring jika terlihat gosong akibat terbakar karena panas,segera ganti .Untuk menjaga kesetabilan arus dan tegangan listrik .

5.  Chek kabel positif dan negatif yang nempel ke bagian Accu/Aki ,bersihkan dari karat-karat dan kotoran yang nempel ,gunakan amplas dan beri stemplet/gemuk untuk mencegah korosi pengaruh dari tingkat asam cairan aki (untuk aki cair), tapi untuk aku MF sepertinya aman dari cairan aki.

6. Chek kondisi Accu/Aki ,pada saat kunci kontak posisi Off atau pun On periksa kondisi tegangan aki minimal 12,4 Volt (gunakan AVO meter ,pointer menunjuk pada Volt DC ) jika ,tegangan di bawah 12,4 volt ,lakukan charge /pengisian ulang.Jika kondisi aki sudah tidak mau mengisi maka lakukan lah penggantian aki segera.

   Nah sekarang nyalakan sepeda motor ,system pengisian yang bagus jika posisi mesin pada stasioner (langsam) biasanya kondisi tegangan akan berada di kisaran 14 volt -14.5 Volt , dan jika gas di tarik pada RPM 6000 biasanya yang normal tegangan Aki maksimal 14.8 Volt.

Jika handel digas Voltase menunjukan angka 15 volt, 16 volt ,17 volt dan terus naik angka nya ,maka Kondisi Kiprok Over charge dan harus ganti ,jika di biarkan akan mengakibatkan kerusakan pada part yg lain .Bahkan bisa terjadi Kebakaran pada part-part yang vital.

Jika handle digas Voltase menunjukan angka penurunan ,biasanya Kiprok mati (eror),karena tidak mampu menampung arus dan tegangan listrik.

Ingat..???!!!  untuk memastikan system pengisian secara signifikan dan secara maksimal ,lakukan cara di atas secara seksama dan menyeluruh.

Jika ingin berkonsultasi silahkan hubungi nomer saya di :
081221029992 (WA)
083823752512 (WA)
 Jika ingin melihat videonya ,silahkan tonton Video nya di youtube :

CHANNEL "Kang Zihan TV "

https://www.youtube.com/watch?v=qNeDLEtWj5M&t=278s


#chek kiprok
#cara chek kiprok
#system pengisian
#systemkelistrikan sepeda motor
#chek kiprok mati
#cara chek kiprok eror
#motovlog
#otomotif
#service motor
#jika motor mogok


 Semoga artikelnya bermanfaatMohon maaf jika ada kesalahan dalam bahasa dan penulisan ,karena masih dalam proses belajar.

Salam dari saya :

Ade Sahbudin

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "CARA CHEK SYSTEM PENGISIAN KIPROK KE AKI SEPEDA MOTOR"

  1. Did you realize there's a 12 word sentence you can tell your partner... that will trigger deep emotions of love and instinctual appeal to you buried inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, worship and look after you with his entire heart...

    =====> 12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so built-in to a man's genetics that it will drive him to try harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

    As a matter of fact, triggering this influential impulse is so essential to having the best ever relationship with your man that the second you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will instantly find him expose his soul and heart to you in such a way he haven't expressed before and he'll see you as the one and only woman in the universe who has ever truly tempted him.

    BalasHapus