CARA MEMPERBAIKI LAMPU SEIN ERROR-BERSIHKAN SAKLAR LANGSUNG BERES



Bagi kita yang memiliki sepedamotor yang lampu sein nya error,jangan panik dulu dan jangan dulu bawa ke Bengkel ,silahkan chek dulu sendiri dan lakukan seperti video di atas .

Jika masih kesulitan karena tidak memiliki alat-alat seperti obeng dan kunci-kunci lainnya juga tidak punya waktu ,mendingan langsung aja deh bawa ke Bengkel motor terdekat.

Cara yang paling simpel sebenarnya ,cukup periksa bagian -bagian yang berhubungan dengan lampu sein itu sendiri ,antara lain :

* Chek Bolham (putus atau masih bagus)
gunakan AVO meter ,pointer menunjuk ke OHM ,tempel ujung kabel merah kebagian salah satu kaki bolham dan kabel hitam ke kaki satunya.Jika jarum bergerak maka bolham bagus dan jika jarum tidak bergerak maka bolham putus (harus ganti).

*Chek kabel dan soket penghubung antara bolham ke saklar .
Pastikan semua bebas dari karat,gosong dan korosi lainnya.Serta pastikan semua jalur terhubung dengan baik.

*Chek Saklar
Buka pada bagian saklar yang terdapat pin kuningan atau tembaga penghubung antara Aki yang menuju Bolham. Biasanya pada bagian pin penghubung ini sering terjadi aus dan karat .Terjadinya aus karena sering terjadinya gesekan bolak balik saklar sein yang di tekan  yang mengakibatkan menipis dan aus nya pada bagian pin kuningannya.Lalu pada saat musim hujan dan seiringnya waktu pemakaian mengakibatkan terjadinya karat pada bagian tersebut.

*Chek Relay plasher
Nah untuk pengechekan pada bagian ini ,biasanya jika tidak memiliki alat AVO meter maka harus punya persiapan Relay plasher yang baru ,guna membandingkan dan test Relay nya baik atau sudah eror.

* Chek Teganngan Aki ,sikring dan rumah sikring.
Aki merupakan sumber utama supaya lampu sein bisa nyala dengan baik. Pastikan tegangan minimal 12.4 volt ,jika dibawah Voltase tersebut silahkan charge ulang,dan jika di charge ulang masih tidak menunjukan kenaikan voltase yang signifikan ,alangkah baiknya segera ganti Aki.Jangan lupa chek juga bagian sikring dan rumah nya ,jika terjadi karat,gosong dan rusak ,segera ganti.

Oke sekian artikal dan penjelasan dari saya semoga bisa membantu.
Mohon maaf jika banyak kesalahan dalam bahasa dan penulisan.Saran dan kritik membangun sangat saya harapkan untuk lebih memperbaiki kekurangan Blog saya ini.

Jangan lupa share bila bermanfaat.

Salam dari saya :

Ade Sahbudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI LAMPU SEIN ERROR-BERSIHKAN SAKLAR LANGSUNG BERES"

Posting Komentar