Cara Memperbaiki Fungsi System Stater Sepeda Motor Menggunakan Multimeter Dengan Mudah

Salam Sejahtera buat kita semua

Selamat malam Gan ??? malam ini saya nggak bisa tidur ,nonton Tv bosen ,baca majalah bosen ,daripada bengong nggak karuan ,saya buka laptop lalu nulis artikel ini deh.Selamat membaca .

Pada beberapa kasus dalam kelistrikan sepeda motor ,sering kita mendengar masalah pada fungsi system stater,nah bagi pemilik kendaraan yang starter elektrik nya tidak berfungsi dengan baik,hal tersebut bisa terjadi pada siapa saja para pengendara roda dua maupun para pengendara roda tiga.Untuk hal semacam ini bisa di chek sendiri ataupun bantuan dari mekanik menggunakan multimeter.

Dalam hal ini sebenarnya bagi sebagian orang bisa mengatasi hal tersebut sendiri,namun untuk sebagian orang yang merasa masih kesulitan untuk memperbaiki masalah ini tentu harus belajar terlebih dahulu atau bertanya kepada para ahli nya yaitu salah satunya bertanya ke para mekanik atau datang langsung ke Bengkel Sepeda Motor atau Bengkel Mobil .Nah pada artikel kali ini saya akan mereview bagaimana CARA MEMPERBAIKI STARTER ELEKTRIK SEPEDA MOTOR DENGAN MUDAH .


Untuk pengechekan sebenarnya tidak serta merta langsung tembak bagian part tertentu ,namun harus melakukan pengechekan scara menyeluruh ,bisa dari kabel-kabel yang putus ,bisa dari salah satu part yang sudah eror,bahkan bisa dari sumber arus itu sendiri yaitu ACCU atau Aki.Oke langsung saja pada topik pembahasan,cara yang paling epektif yaitu harus mengetahui step by step dari mana dulu part yang harus di chek ,baik dibawah ini beberapa langkah CARA MEMPERBAIKI STARTER ELEKTRIK SEPEDA MOTOR DENGAN MUDAH,diantaranya :

1, Chek tegangan  Accu atau Aki berapa nilai voltase nya ( minimal tegangan batre 12,4 volt) ,jika tegangan dibawah voltase yang disebutkan,maka lakukan charger ulang,namun jika setelah di charger kondisi masih tetap kurang baik ,maka segera lakukan penggantian Accu/Aki.

2.Chek bagian kabel negatif  (-)yang dari Accu menuju ke Ground atau body kendaraan dan chek juga kabel positif (+) yang dari Accu menuju ke Rumah sikring (fuse holder).Pastikan semua terhubung dengan baik.

3. Lalu chek kabel-kabel yang menghubungkan ke Kunci kontak ,switch engine stop,switch starter (pada bagian  handle kanan),switch rem depan dan belakang ,switch standar samping (untuk type matic),switch on/of kopling ( type motor sport ),pastikan semua part dan  jalur kabel serta socket nya dalam kondisi baik.

4.Kemudian chek part elektronik pendukung yaitu Relay starter dan Dinamo stater,pastikan semua dalam kondisi benar-benar baik.

Jika ke lima cara diatas di chek dan dikerjakan dengan baik ,maka dipastikan keluhan yang anda alami terselesaikan ,selamat mencoba semoga berhasil.Nah...jika masih merasa kesulitan untuk melakukan nya sendiri ,daripada bingung ,mendingan bawa saja langsung ke Bengkel terdekat he.he.he

Dibawah ini ada contoh cuplikan video bagaimana CARA MEMPERBAIKI STARTER ELEKTRIK SEPEDA MOTOR DENGAN MUDAH silahkan di simak :



Sekian dulu artikel dari saya semoga ada memberikan manfaat buat kita semua ,mohon maaf jika dalam penulisan masih banyak kesalahan dan kekurangan,silahkan share dan jangan lupa "subscribe" videonya yaaaaa

Salam sejahtera buat semuanya

Saya : Ade Sahbudin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperbaiki Fungsi System Stater Sepeda Motor Menggunakan Multimeter Dengan Mudah"

Posting Komentar