5 Langkah Cara Cek Kerusakan Koil Sepeda Motor Dengan Mudah

SALAM BLOGGERS

Pada kesempatan kali ini saya akan mereview bagaimanaCARA CHEK IGNITION COIL SEPEDA MOTOR DENGAN AVOMETER
dari beberapa kasus dilapangan ,para mekanik biasanya saat melakukan pngechekan kuil sepeda motor (ignition coil ) dilakukan dengan cara menempelkan ujung kabel kuil ( kabel secendery ) ke bagian body mesin atau ke body rangka kendaraan tersebut .Sebenarnya jika mengacu pada prosedur itu tidak dianjurkan ,kenapa ? karena akan mengakibatkan terjadinya kebakaran pada kendaraan tersebut jika disekitar tempat service terdapat bahan bakar yang mudah terbakar (salah satunya bensin).

Namun jika pada kondisi darurat dan aman dari lokasi yang jauh dari bahan bakar sebenarnya aman-aman saja ,namun harus waspada ,dikarenakan apabila ada tetesan dari karburator ke bagian sekitar mesin ,lalu kita chek percikan kuil ke bagian body mesin itu ,ditakutkan terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan tersebut.

Nah pada edisi kali ini beberapa persiapan dan alat yang diperlukan untuk memeriksa kuil sepeda motor yang bagus dan yang sudah tidak layak yaitu cukup menggunakan alat AVOMETER,berikut CARA CHEK IGNITION COIL SEPEDA MOTOR DENGAN AVOMETER

-Siapkan AVOMETER 
-Pada bagian pointer arahkan ke bagian OHM
-Lakukan kalibrasi ( dengan cara menempelkan kabel merah dan hitam AVOMETER ,lalu display Avometer harus menunjukan 0000.
-Chek bagian kumparan primary,dimana kabel merah avometer ditempelkan kebagin pin positif dan kabel hitam  ditempelkan ke    bagian  masa kuil, range tahan kumparan primary 0,4 Ohm - 0,8 Ohm pada kodisi dingin (suhu  20 derajat cc ).
  namun jika kondisi kuil panas tahanan range harus 0,8  -  1,3 ohm.
-Kemudin chek bagian kumparan secondary ,bagian kabel merah avometer tempelkan ke ujung kabel besar kuil dan kabel hitam avometer ditempelkan ke bagian masa kuil, Range tahanan sekitar 6.000 Ohm - 12.000  ohm atau 6 Kilo ohm-12 Kilo ohm kondisi kuil dingin (suhu 20 derajat cc) namun pada kondisi kuil panas makaa nilai tahanan semakin besar.

 Ingat ???? pada pembahasan ignition kali ini kita bahas kuil sepeda motor karburator atau bukan kuil TCI ,karena untuk ignition coil motor injeksi  namanya TCI jadi cara pengukuran beda dan itu ada pada artikel berikutnya , untuk beberapa ignition coil tidak semua nilai tahanan sama nilainya ,namun nilai tidak beda jauh dari standar tahanan yang telah disebutkan
  
silahkan simak videonya 

  


Semoga artikel ini bermanfaat ,mohon maaf jika ada kekurangan ,besar harapan saya jika ada yang memberikan masukan positif untuk membangun ,jangan lupa like, share and subscribe .

Salam Blogger
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Langkah Cara Cek Kerusakan Koil Sepeda Motor Dengan Mudah"

Posting Komentar