MESIN MOTOR SUSAH HIDUP-INI PENYEBAB DAN SOLUSINYA

MESIN MOTOR SUSAH HIDUP INI PENYEBAB DAN SOLUSINYA


Salam Bro sist semuanya...???

Semoga kita semua diberikan Kesehatan dan keselamatan ammiin.

Saat kita lagi buru-buru atau lagi penting-pentingnya dalam urusan sehari-hari,tiba-tiba Mesin Sepeda motor kita rewel alias mogok ...!!!??? Apa yang anda lakukan...??? Panik,jengkel,bingung,emosi pokoknya campur aduk dehh.Karena mungkin kita tidak tahu apa penyebabnya.Jalan satu-satunya kita bawa deh itu motor ke Bengkel.

Tapi semua kejadian di atas tidak akan berlaku ,jika kita tahu sedikit ataupun banyak tentang ilmu Otomotif .Minimal asal tahu tentang "3 System sebagai Syarat  Utama Supaya Mesin Hidup".

Nah...untuk masalah diatas "MESIN SUSAH HIDUP" ini dia penyebab dan solusinya ,yakni dengan cara mengetahui dan memahami "3 System Sebagai Syarat Utama Supaya Mesin Hidup".

MESIN MOTOR SUSAH HIDUP PENYEBAB DAN SOLUSINYA ??? SIMAK ARTIKELNYA YAAA...


Mesin susah hidup Penyebab dan solusinya antara lain :

1.Masalah dari System Pengapian.
Ini salah satu penyebab mesin motor susah hidup,jika system pengapian buruk (abnormal).Jika mengacu pada "3 System Sebagai Syarat Supaya Mesin Hidup", system pengapian adalah salah satu penyebabnya.
Biasanya pada rangkaian system pengapian,ada beberapa part ataupun jalur kabel yang bermasalah (error).Coba lakukan pengechekan secara menyeluruh.Lakukan dengan cara diagram "TULANG IKAN".chek bagian:
 Busi-Cangklong Busi-Ignition Coil-CDI (Mesin Karburator-ECU/ECM (Mesin Injeksi)-Kiprok-Rumah Sikring-Sikring-Aki/Accu-Kabel Body-Switch Standar samping(Motor matic)- Engin switch-Main Switch (Kunci Kontak).
Lakukan Pengechekan secara seksama sesuai prosedur ,pastikan semua normal.

2.Masalah dari System Kompresi.
Untuk yang kedua adalah penyebab mesin susah hidup ,yakni ada masalah pada system kompresi.Untuk mengetahui seberapa normalkah system kompresi yang baik ,maka lakukan pengechekan pada bagian part berikut ini:

-Lubang ulir busi (jika sudah slek ,segera di Tap )
-Baud head yang 4 buah (periksa kekencangan torsi nya (standar 220 Kpa) jika kurang akan mengakibatkan Los kompresi.
-Kerenggangan Celah Klep tidak sesuai standar (terlalu renggang atau terlalu rapat akan mengakibatkan kompresi lemah).
-Ring piston,piston dan dinding silinder aus,hal ini akan menyebabkan kompresi lemah dan tidak akan mampu membakar suplai campuran bensin dan udara yg masuk.
-Gasket/packing pada bagian antara head dan body sylinder aus/rusak ,hal ini bisa menyebabkan lemahnya system kompresi.
-Red valve (mesin 2 tak) jika red valve ada mengalami kebocoran (terjadi karena banyak kerak/karbon yang menumpuk di bagian lidah-lidahnya) hal ini juga akan menyebabkan kompresi lemah dan mesin susah hidup.

-Seal Kruk As/Chrankshaf assy (Mesin 2 Tak)sudah aus pada sisi dalam yang menempel pada as Kruk nya .Hal ini juga akan menyebabkan kompresi primer bermasalah,sehingga motor susah hidup.

Dalam beberapa kasus ,jika terjadi Loss kompresi lakukan cara berikut :
Masukan oli pada bagian lubang busi,cukup beberapa ML saja,biasanya ,kompresi akan padat kembali dan mesin bisa hidup.Tapi jika masih belum hidup maka lakukan langkah secara menyeluruh.

3.Masalah Dari System Bahan Bakar.

Untuk point yang ke3 ini ,adalah jika proses suplay campuran bahan bakar dan udara tidak sesuai dengan kebutuhan mesin tersebut,maka mesin tidak akan mau hidup.
Lakukan langkah berikut untuk pengechekannya:

Tutup tangki(bersihkan lubang kecil yang terdapat pada tutup tangki,jika lubang tertutup ,maka bensin tidak akan mengalir .  -Tangki bensin(Bersihkan tangki bensin dari kotoran dan karat ini terjadi karena korosi yang disebabkan oleh air  atau embun yang masuk kedalam tangki)
-Kran bensin /Fuel Choke.(mesin karburator)bersihkan secara seksama karena sering terjadi penyumbatan pada bagian ini.
-Fuelpump (mesin injeksi) Jika fuelpump kotor pada bagian filternya,maka lakukan penggantian filter,jika terlalu lama di biarkan maka kotoran akan tersedot ke dalam bagian rotak (motor dinamo fuelpump).Jika sudah terlalu parah rusak nya segera ganti dinamo motor (rotaknya saja )Namun lebih bagus jika ganti Fuelpump assy yang original.

-Selang bensin ,pastikan selang jalur bensin tidak ada yang bocor dan rusak.

-Karburator (untuk mesin karburator) Periksa dan buka pada bagian karburator ini dengan hati-hati dan secara seksama.pastikan semua bersih dari kotoran.

-Throttle Body (untuk Mesin injeksi) sama seperti karburator tapi pada bagian ini banyak terdapat sensor-sensor yang sangat sensitif ,maka  dalam penanganan nya harus ekstra hati-hati.

-Injektor (Untuk Mesin injeksi) bersihkan injektor dengan cara menggunakan cairan injector cleaner dan jika punya alat seperti di Dealer Resmi itu lebih bagus dalam proses pembersihannya.

-Manipul (Leher angsa)pada bagian ini chek baud  dan gasket nya ,jika baud kendor dan ada kerusakan pada gasket maka suplay campuran bahan bakar dan udara tidak akan optimal.

-Saringan udara.lakukan pembersihan dengan udara kompressor ,namun jika kondisi nya sudah terlalu kotor (parah)segera lakukan penggantian (setiap 10 ribu Km)

Lakukan cara diatas secara menyeluruh dan seksama untuk memastikan semua terpasang dengan sempurna dan sesuai prosedur.

Jika ke 3 System dan cara-cara di atas sudah diperiksa dengan baik ,dipastikan Kendaraan anda akan Hidup dengan Normal dan Bebas mogok.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan pencerahan dan manfaat bagi para bikers khusus bagi para pemula yang belajar otomotif sepeda motor dan umum nya bagi kita semua.

Kritik dan saran yang positif sangat saya tunggu dari para pembaca semua,untuk menambah ilmu dan pengalaman bagi saya.Besar harapan saya kiranya para pembaca untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman untuk  keberkahan dalam hidup.

Jangan lupa share jika bermanfaat untuk orang lain.

See you .


       Salam:

(Ade Sahbudin)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MESIN MOTOR SUSAH HIDUP-INI PENYEBAB DAN SOLUSINYA"

Posting Komentar